Jumat, 25 Januari 2013


Kabar Cirebon, Sabtu 12 Januari 2013
VIRUS KANKER SERVIKS ADA DIPRIA, KENALI 4 POIN INI
Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi pada area leher rahim atau serviks, yaitu area bawah pada rahim yang menghubungkan rahim dan vagina. Meski menyerang bagian genital wanita, tak berarti hanya kaum wanita saja yang harus khatam tentang gejala kanker serviks, tapi juga pria.
Pasalnya, virus HPV, penyebab kanker serviks, terjadi saat berhubungan intim. Kebanyakan virus dibawa oleh kaum pria. Melansir Huffington post, saat pria mendapati kutil atau benjolan pada kelamin, serta diikuti rasa panas dan gatal, ini menjadi salah satu tanda bersarangnya virus HPV. Penyakit ini juga tergolong sebagai penyakit menular seksual yang paling umum.
Berikut ini adalah 4 poin penting yang harus diketahui pria tentang HPV:
1.       Vaksin bukanlah hanya untuk wanita.
Selama ini banyak orang menganggap, hanya wanita yang harus melakukan vaksin untuk mencegah kanker serviks. Vaksin Gardisil yang melindungi empat jenis HPV sebenarnya juga diperuntukkan para pria. The American Academy of Pediatrics mengeluarkan pernyataan mendukung adanya vaksin untuk anak laki – laki sebelum melakukan aktivitas seksual pertama kali.
2.       Beberapa pria lebih beresiko tersserang HPV
Pria gay atau biseksual adalah 17 kali lebih mungkin untuk mengembangkan HPV. Hal ini terkait dengan kanker dubur yang diderita kaum pria. Menurut CDC, resiko ini jauh lebih besar, ketimbang penularan HPV melalui hubungan seksual dengan wanita.
3.       Belum ada uji HPV untuk pria
Kebanyakan skrining HPV dilihat melalui pap smear yang hanya diperuntukkan bagi wanita. Dokter akan mengambil sampel sel dari dinding leher rahim untuk menguji apakah ada kelainan.
Sedangkan, tidak ada tes darah secara klinis untuk mengetahui adanya virus HPV baik bagi wanita atau pria. Oleh karena itu, sangat sulit mendeteksi adanya HPV yang diderita kaum pria.
4.       Hampir setengah pria membawa virus HPV
Menurut studi, hampir 50% pria di atas usia 15 tahun telah terinfeksi HPV. Terlebih lagi, setiap tahun, sekitar 6% pria kan terkena infeksi HPV baru. Saat berhubungan seksual dengan wanita, ia akan menderita HPV 16.
(Ade Nurjanah/”KC/”VL”)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar