Selasa, 17 September 2013

Fast Food?? Junk Food?? Sama ga ya??


fast food??Junk food??
Sama ga yaa??

Hallo readers semua..
Kali ini tema yang akan diangkat oleh ceritaku adalah mengenai makanan..

Yups..
Semua orang hidup pasti butuh makanan untuk mempertahankan kehidupannya, memperoleh energi untuk aktivitasnya sehari – hari. Semakin hari, seiring dengan adanya perubahan dalam gaya hidup masyarakat di era modern, makanan pun juga turut mengalami perubahan yang cukup signifikan. Kalau dahulu makanan dihidangkan dengan proses penyajian yang cukup lama, kaya bumbu, dan menggunakan penyedap alami (gula, garam, lada) dan bahan pengawet alami (gula dan garam) sekarang mengalami perubahan guys..

Diera moderenisasi sekarang ini, penggunaan bumbu instant, bahan pengawet sintetis banyak digunakan dalam proses membuat makanan dengan tujuan menghemat waktu dan memberi memperkuat cita rasa makanan. Selain itu, dengan adanya pertukaran budaya, gaya hidup yang berhubungan dengan pola makan dan jenis makanan yang dimakan pun turut berubah. Saat ini sudah ga susah ya guys, kalo kita ingin mencari restoran yang menyajikan makanan dengan cepat dan enak. Yups, kita lebih sering mengindentikan restoran yang menyediakan makanan seperti itu adalah restoran fast food.

Sebenarnya apa sih fast food itu?? Apakah fast food itu sama dengan junk food??

Fast food jika diartikan dalam bahasa indonesia berarti makanan cepat, yups fast food bisa diartikan sebagai makanan yang bisa tersedia dalam waktu cepat dan siap disantap. Sedangkan junk food secara harfiah junk ( sampah = rongsok) food ( makanan) bisa diartikan sebagai “makanan sampah”, “ makanan rongsokan” atau makan tidak bergizi, atau makanan tidak berguna. Istilah ini dimaksudkan untuk menunjukkan makanan – makanan yang dianggap tidak memiliki nilai nutrisi yang baik. Memakan junk food tidak hanya sia – sia, tetapi bahkan menjadi sesuatu yang merusak kesehatan.

Biasanya yang menjadi tertuduh sebagai junk food adalah makanan – makanan cepat saji (fast food) yang mengandung lemak tinggi spt hamburger, pizza, ayam goreng (terutama yang digoreng dengan kulitnya) serta cemilan spt kentang goreng bermentega (french fries), keripik kentang berkeju (potato chips), biskuit gurih dan manis, bahkan minuman manis bersoda. So, dari makanan – makanan diatas yang disebut junk food ditunjukkan semata – mata makanan yang disajikan direstoran cepat saji, tetapi semua makanan atau jajanan yang mengandung lemak tinggi yang dikonsumsi secara berlebihan. Makanan – makanan ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, seperti obesitas (kegemukan), diabetes (kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), arterosklerosis ( penyumbatan pembuluh darah), penyakit jantung koroner, stroke, kanker, dan masih banyak lagi. Makanan fast food sendiri memikili kandungan gizi namun tinggi garam, gula dan kolesterol.

Dulu penyakit – penyakit diatas hanya ditemukan pada orang dengan usia diatas 40 tahun. Tapi, seiring dengan maraknya restoran fast food dan berubahnya gaya hidup masyarakat penyakit – penyakit diatas tidak hanya ditemukan pada usia pertengahan tapi juga mulai menyerang anak – anak, remaja, dan dewasa muda. Anak – anak yang sering mengkonsumsi makanan spt yg disebutkan diatas bukan malah bagus lho ya, tapi menjerumuskan anak tersebut untuk menderita penyakit – penyakit diatas lebih cepat. Dengan kata lain angka harapan hidup akan semakin rendah dan produktivitas pun menurun. Dan kita juga harus waspada ya guys, makin banyak kedai atau gerobak pinggir jalan yang menjual fried chicken dengan harga yang miring, namun apakah readers pernah memperhatikan minyak yang digunakan untuk menggoreng?? Yups, minyak yang digunakan untuk menggoreng kebanyakan adalah minyak yang sudah tidak layak untuk digunakan, warnanya kehitaman. Jika sudah begitu, akan bertambah juga resiko penyakit lain yang mengintai. Selain itu kemasan yang digunakan adalah koran yang dibentuk sedemikian rupa sebagai tempatnya. Ingat ya guys, koran itu tidak layak untuk membungkus makanan karena adanya kandungan boron pada tinta di koran, ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker lho guys..

Kandungan garam, lemak jenuh, gula dan kolesterol yang tinggi tapi rendah serat dalam makanan fast food yang jika dimakan terlalu banyak dan sering dapat meningkatkan resiko penyakit – penyakit diatas. Ditambah lagi dengan kebiasaan yang jarang berolah raga, tingkat stress yang tinggi, kurang konsumsi buah dan sayur serta cukup minum ikut memperburuk kesehatan bagi orang yang sering mengkonsumsi makanan fast food.
Berikut adalah jumlah kalori dan kandungan yang terkandung dalam jenis makanan fast food:
1.     Pizza mengandung kalori (483 Kkal), lemak (48gr), kolesterol (52gr), karbohidrat (3gr), gula (3gr), dan protein (3gr).
2.    Hamburger mengandung kalori (267gr), lemak (10gr), kolesterol (29mg), protein (11gr), karbohidrat (33gr), serat kasar (3gr), gula (7gr).
3.    Donat mengandung kalori (210 Kkal), Lemak (8gr), karbohidrat (32gr) serat kasar (1gr), Protein (3gr), gula (11gr), sodium (260gr)
4.    Fried chicken mengandung kalori (298 Kkal), lemak ( 16,8 gr), karbohidrat 0,1 gr), protein (34,2 gr)
5.    Mie bakso 1 piring 400 kalori
6.    Chicken nuggets 6 potong mengandung 250 kalori
7.    Mie instant 1 bungkus mengandung 330 kalori
8. kentang goreng 220 kalori

so, bijak dalam memilih makanan yang akan dimakan ya guys..
semoga ceritaku kali ini bisa menambah wawasan kesehatan bagi readers semua yaa..

So, see u later in next time ya guys...
Lets Go to stay healthy for better life. Bye...
Written by: @nou_chi

Daftar Pustaka:


1. Tarigan, Elsa Frida. Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara tentang Konsumsi Makanan Cepat Saji. Skripsi: Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Sumatera Utara; 2012 [diunduh 16 September 2013]. Tersedia Dari http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/31100


2. Wulandari, Reni. Bahaya Makanan Cepat Saji dan Gaya Hidup Sehat [e-book]. Yogyakarta: O2; 2008 [Diunduh 16 September 2013]. Tersedia Dari http://books.google.co.id/books?id=RNEU-aWSE0AC&pg=PA6&dq=kandungan+nutrisi+makanan+fast+food&hl=id&sa=X&ei=u280UuGNLoOrrAf01IHoAw&redir_esc=y#v=onepage&q=kandungan%20nutrisi%20makanan%20fast%20food&f=false

Tidak ada komentar:

Posting Komentar